My bisnis

 Masker kain bermotif Rapunzelly

Masker Kain Fashionable dari 10 Brand Fashion Lokal



Sumber ide : Dengan adanya wabah virus Corona yang tengah beredar di Indonesia membuat masyakarat diwajibkan untuk menggunakan masker sebagai upaya pencegahan dari virus ini, permintaan masker yang makin melonjak membuat harga masker melambung tinggi yang awal nya hanya puluhan ribu saat ini dihargai dengan ratusan ribu dikarenakan banyak masyakarat yang membeli berdus dus untuk stock madker. Saya berinovasi untuk membuat masker sendiri dengan kain bermotif dengan harga yang terbilang murah dan kuliatas yang bagus

Deskripsi produk : Masker kain bermotif merupakan masker yang dibuat menggunakan kain bermotif dengan kuliatas yang bagus, masker ini juga dapat mencegah virus, dan masker ini dapat dicostum sesuai keinginan pembeli atau juga dapat membeli langsung sesuai design design yang telah kita buat sendiri. Dengan harga yang terjangkau dapat dibeli oleh semua kalangan masyakarat tapi di imbangi dengan produk yang bagus, membuat masker ini cocok untuk digunakan secara umum. Harga yang kami tawarkan 1 masker dengan harga 25.000 - 40.000 dan kami juga membuat penawaran dengan membeli 10 masker akan mendapatkan box cantik dan 1 tambahan masker secara gratis

Produksi : Bahan bahan yang saya gunakan langsung seperti kain bermotif di beli dari Bandung dengan kuliatas kain yang lembut, halus, dan tebal. Kami menggunakan standar kebersihan dalam membuat masker kain ini dan mesin jahit yang digunakan untuk menjahit masker.

Team : Saya dan teman saya sebagai owner dari masker kain bermotif ini menggunakan home produksi atau produksi rumahan, oleh karena itu saya mempekerjakan ibu rumah tangga yang memiliki keahlian dan dapat berkreativitas agar tetap produktif ditengah wabah ini, mengingat ekonomi yang turun akibat virus ini membuat ibu ibu rumah tangga harus tetap bekerja agar dapat membantu perekonomian keluarga. Disini saya juga ingin membantu orang orang yang kesulitan ekonomi akibat wabah ini untuk bersama sama bangkit dan produktif agar tetap menghasilkan.

Pemasaran : Kami menggunakan sosial media sebagai media utama dari pemasaran kami seperti instagram dan facebook. Dengan memasarkan di sosial media menurut saya lebih efektif dan efesien dimana masyakarat sekarang tidak dapat pergi untuk keluar rumah dan semuanya dilakukan secara online, maka dari itu saya bekerja sama dengan shopee untuk memasukan produk kami agar dapat dibeli dengan mudah hanya dengan memesan melalui aplikasi dan dapat diantar ke rumah. Kami juga meng endorse beberapa teman kami yang memiliki followrs dengan jumalah ribuan untuk membantu mempromosikan produk kami serta beberapa selebgram. Dan pasar kami untuk semua jenis usia dari anak kecil hingga orang tua dari perempuan hingga laki laki.

Keuangan : Saya sebagai owner dan sebagai manager di bisnis ini berlaku untuk menghitung modal dan keunthngan. Moda awal yang saya keluarkan sebesar 2 juta, 1juta dari saya dan 1 juta lagi dari teman saya, keuntungan yang telah kami peroleh berkisar 1 Minggu 1 juta rupiah, karena banyak sekali peminat masker kain ini yang membuat produk kami meningkat.

 

1) Costumer Segment / Segmentasi Konsumen

Target konsumen merupakan generasi millennial dengan rentang usia 6 – 60 tahun.

·         Pelajar.

·         Mahasiswa.

·         Pegawai.

·         Orang tua.

2) Value Propositions / Proposisi Nilai

·         Masker kain bermotif menyediakan beragam motif mmasker dengan motif yang kekinian dan dengan  bahan baku yang berkualitas terbaik.

·         Masker kain bermotif sangat nyaman digunakan dengan bahan yang halus, lembut, dan tebal sehingga dapat mencegah penularan virus.

3) Channel / Jalur

·         Social media

·         Aplikasi belanja online

4) Costumer Relationships / Hubungan dengan Pelanggan

·         Memberikan diskon 50% untuk pembelian kedua.

·         Promo gratis dua masker dan box dengan pembelian minimal 10 masker

·         Harga promo untuk di aplikasi perbelanjaan

·         Promo khusus untuk gratis ongkir dengan minimal pembelanjaan 2 masker

5) Revenue Stream / Aliran Pendapatan

·         Modal pribadi pemilik masker

·         Investasi pihak kedua

·         Penjualan per masker

·         Sistem bagi hasil melalui kerja sama dengan reseller

6) Key Activities / Kegiatan Kunci

·         Membeli bahan bahan berkualitas dari bandung

·         Menggunakan bahan-bahan pendamping yang berkualitas

·         Memberikan pelayanan terbaik, cepat dan ramah

·         Mempertahankan kualitas produk dengan baik

7) Key Resources / Sumber Daya Utama

·         Suplaier bahan dan alat pelengkap

·         Mesin jahit

·         Motif motif

8) Key Partnership / Mitra Kunci

·         Suplaier bahan

·         Influencer

·         Aplikasi belanja online

·         Pengiriman paket barang

9) Cost Structure / Struktur Pembiayaan

·         Penyediaan alat

·         Penyediaan bahan baku

·         Biaya promosi 


Tugas 14 : Proposal nya silahkan klik

Komentar

Postingan Populer