Aspek Pemasaran Dalam Berwirausaha

5 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

6 Aspek Pemasaran Dalam Kewirausahaan

Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut akan menjadi kunci keberhasilan Anda dalam menjalankan sebuah usaha.
1. spesifikasi produk dan product differentiation
Aspek pemasaran dalam kewirausahaan yang pertama adalah spesifikasi produk dan product differentiation. Produk adalah setiap hal yang bisa berupa barang atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Barang atau jasa ini diharapkan dapat memenuhi apa yang mereka butuhkan sekaligus memberikan mereka kepuasan.
Hal-hal tentang detail mengenai produk yang akan ditawarkan kepada konsumen merupakan bagian dari aspek pemasaran. Spesifikasi produk tersebut misalnya saja bagaimana bentuknya secara fisik, apa mereknya, bagaimana produk tersebut dikemas, apakah disertai garansi dan lain sebagainya.
Sebuah produk baru bisa Anda kembangkan jika Anda sudah mengetahui secara pasti apa keperluan dan kebutuhan pasarnya. Hal ini karena tidak mungkin Anda memasarkan suatu produk jika tidak ada permintaan yang potensial dan kontinyu dari pasar.
Nah jika Anda sudah menemukan solusi atas dua hal ini baru setelahnya Anda memutuskan hal-hal mengenai harga, distribusi dan langkah mempromosikan produk tersebut.
Seperti yang telah disinggung di atas, produk yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan tidak melulu berupa barang saja. Namun produk juga ada yang berupa jasa.
Produk berupa jasa ini adalah produk yang tidak berwujud. Singkatnya jasa adalah segala tindakan atau pekerjaan yang bisa ditawarkan ke orang yang membutuhkan yang sifatnya intangible (tidak berwujud) dan juga tidak bisa berpindah kepemilikan.
Lebih jauh Anda bisa menentukan spesifikasi produk yang akan Anda tawarkan dengan melihat kondisi pasar yang tersedia. Selain dengan melihat kondisi pasar yang potensial juga bisa dengan melakukan analisa mendalam aspek-aspek pemasaran yang lain. Pasar, yang mana merupakan kelompok pembeli potensial dari suatu produk dan jasa yang Anda tawarkan, memiliki peran penting dalam perkembangan usaha Anda.
Jadi sampai sini bisa kita simpulkan spesifikasi produk kemudian segmentasi pasarnya sangat penting agar produk yang akan Anda tawarkan nantinya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pasar. Oleh karena setiap produk memiliki pasar yang berbeda-beda pula.
Selain spesifikasi produk ada juga perbedaan produk. Perbedaan produk atau product differentiation dasar bagi para penjual untuk menentukan motif-motif pembelian selektif. Maksudnya adalah satu barang atau jasa yang sama bisa berbeda-beda di mata para pembeli. Jadi meskipun barang/jasa yang ditawarkan sama namun konsumen percaya bahwa barang/jasa tersebut berbeda maka barang/jasa tersebut adalah sama sekali berbeda.
Misalnya saja Anda bisa lihat pada semen atau garam yang mana secara fisik adalah sama dimanapun barang tersebut dijual. Namun jika dikemas pakai bungkus yang berbeda sekaligus dibumbui merek maka meskipun sama garam dan semennya namun produk ini menjadi berbeda di mata konsumen. Yang biasa terjadi produk ini akan menghasilkan keuntungan yang memuaskan apabila jumlah permintaannya melebihi penawaran.
Namun karena target pasar untuk barang semacam ini adalah homogen maka akan sulit untuk meningkatkan permintaan. Jadi strategi pemasarannya pada aspek spesifikasi produk dan perbedaan produk adalah dengan membuat merek baru atau inovasi terkait kemasannya.
2. segmentasi pasar
Aspek pemasaran dalam kewirausahaan selanjutnya adalah segmentasi pasar. Jika analisis spesifikasi produk dan perbedaannya didasarkan pada pemisahan dan pengkhususan produk-produk, maka segmentasi pasar analisanya berdasarkan pemisahan dan pengkhususan pada calon kelompok pembeli potensial.
Harus Anda ketahui meski ada pasar yang sifatnya homogen atau hanya menjual satu barang saja namun yang sering disasar kebanyakan pengusaha adalah pasar heterogen.
Pasar ini adalah pasar yang menjual lebih dari satu barang atau jasa. Oleh karena itu sangat penting kiranya untuk melakukan segmentasi pasar atau pemisahannya. Dengan diadakan segmentasi pasar maka Anda akan lebih mudah dalam menjual barang/jasa yang Anda tawarkan.
Jadi sebuah perusahaan yang ingin mendapatkan keuntungan maksimal harus membagi pasar yang pada mulanya bersifat heterogen menjadi satuan pasar yang bersifat homogen. Inilah yang disebut segmentasi pasar. Nantinya setelah perusahaan tersebut menentukan segmen pasar baru setelahnya bisa mengalokasikan segala sumber daya ke pasar yang sudah homogen tersebut.
Kenapa segmentasi pasar perlu Anda lakukan? Hal ini karena dalam praktik nyata masih saja terdapat produk yang heterogen pada seluruh pasar. Selain itu bisa juga karena produk tersebut hanya dibutuhkan dan diperlukan oleh satu kelompok pasar tertentu saja.
3.  analisa pasar dan peramalan permintaan
Aspek pemasaran dalam kewirausahaan berikutnya adalah analisa pasar dan peramalan permintaan. Analisa pasar merupakan bagian dari analisis aspek pemasaran yang mana merupakan langkah pertama yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan. Langkah ini dibutuhkan untuk mengatur dan merencanakan sebuah strategi yang pas dan sesuai dengan kondisi pasar.
Kenapa analisa pasar sangat penting? Karena dengan aspek pemasaran analisa pasar ini Anda dapat menemukan sebuah peluang yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya. Selain itu dengan analisa pasar Anda juga bisa mengembangkan usaha dan bisnis Anda menjadi lebih maju.
Pada dasarnya jika Anda melakukan kegiatan analisis pasar maka Anda akan mendapatkan pembaruan dalam bentuk strategi pemasaran.
Misalnya saja dengan memberlakukan diskon yang mana akan memberikan keuntungan kepada pasar jika membeli produk dalam jumlah dan kriteria tertentu. Atau juga bisa memberikan hadiah langsung yang ditujukan untuk mendongkrak pemasaran.
4. Peramalan penjualan
Peramalan penjualan adalah salah satu aspek pemasaran dalam kewirausahaan yang mana sangat diperlukan jika Anda ingin memulai sebuah bisnis. Peramalan penjualan harus tepat yang mana akan berpengaruh terhadap bisnis Anda di masa depan.
Kenapa ramalan penjualan begitu penting? Hal ini karena ramalan penjualan bisa dijadikan dasar untuk menentukan kuota, pedoman untuk mengembangkan produk, merencanakan sebuah promosi serta pengalokasian SDM/tenaga kerja.
5. analisa pesaing
Aspek pemasaran dalam kewirausahaan selanjutnya adalah analisa pesaing. Bisa dibilang analisa pesaing ini adalah aspek pemasaran yang paling penting dalam studi kelayakan bisnis. Jika Anda ingin perusahaan Anda tidak kalah dari kompetitor maka Anda harus melakukan analisa pesaing. Ini juga akan menjadi penentu dimana Anda memposisikan perusahaan Anda dalam dunia bisnis.
Pesaing bisa diartikan perusahaan yang juga menawarkan jasa atau barang yang sama atau mirip dengan perusahaan Anda. Kalau Anda tidak memiliki trik jitu dan analisa mendalam maka bukan tidak mungkin Anda akan ditinggalkan konsumen atau tidak mendapatkan konsumen sama sekali.
Jadi bagaimana cara melakukan analisa pesaing? Analisa pesaing dapat Anda lakukan dengan melakukan identifikasi. Identifikasi atas hal apa? Yaitu Anda harus mengidentifikasi kesempatan, ancaman dan persoalan strategis yang mungkin timbul dari suasana persaingan yang potensial.
Selain itu identifikasi bisa juga dilakukan terhadap kekuatan dan kelemahan pesaing yang mana bisa memunculkan ilham bagi Anda. Jadi untuk mengawali analisa pesaing dapat Anda lakukan dengan melihat mana saja perusahaan yang menjadi pesaing umum dan pesaing potensial.
6. promosi
Aspek pemasaran dalam kewirausahaan selanjutnya adalah promosi yang mana merupakan ujung tombak dari aspek pemasaran dalam daftar di artikel ini. Promosi bisa diartikan segala upaya yang dilakukan oleh penjual untuk menawarkan produknya kepada konsumen agar ujungnya mereka tertarik untuk membeli.
Promosi adalah aspek yang vital dalam pemasaran karena dengan promosi maka penjual dan menginfokan segala sesuatu terkait jasa dan barang yang ditawarkan kepada konsumen.

Komentar